Jumat, 13 Desember 2019

Kisah Masuk Islamnya Abu Bakar As-Siddiq

notes : Gambar hanya ilustrasi pada Film Omar

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatu

Abu Bakar As-Siddiq memiliki nama asli Abdullah bin Abi Quhafah, umur beliau lebih muda 2 Tahun 6 bulan dari Nabi Muhammad . Beliau adalah termasuk orang orang awal yang masuk islam dan merupakan salah satu dari 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk Surga.
Beginilah kisah Abu Bakar ketika masuk islam ...

Imam Muhammad Bin Abu Bakar dalam hadis keenam kitab al-Mawaizh al-‘Ushfuriyyah menceritakan kisah awal mula keislaman Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq ra.

Suatu ketika Sayyidina Abu Bakar Ra. mimpi melihat bulan dan matahari masuk ke kamarnya. Lalu kedua benda tersebut ia pungut dan diletakkan di dadanya. Lalu ditutupi dengan selendangnya.
Mimpi ini beliau ceritakan kepada salah satu pendeta (nasroni) di Syam. Kebetulan pada saat itu beliau lagi berdagang ke Negeri Syam. Beliau ditanya tentang beberapa hal oleh si pendeta. Mulai dari asal negara, asal marga, dan profesi. “Saya seorang pedagang dari Bani Tayim, Mekkah”, jawab beliau.
“Sebentar lagi akan muncul seorang nabi dari Bani Hasyim. Namanya Muhammad Al-Amin. Dia adalah penutup risalah kenabian. Tanpanya, Allah Swt. tidak akan menciptak langit dan bumi beserta isinya. Dia adalah imam para utusan. Engkau akan masuk pada agamanya. Engkau akan menjadi sahabat setianya. Engkau akan menjadi kholifah pertama setelah wafatnya beliau”, penjelasan sang pendeta tentang arti mimpi Sayyidina Abu Bakar ra.
“Ciri-ciri nabi tersebut sudah tertera dalam Kitab Taurat, Zabur, dan Injil”, lanjut pendeta. Mendengar penjelasan tersebut, Sayyidinan Abu Bakar langsung merasakan kerinduan pada Nabi Muhammad Saw., di Kota Mekkah.

Ketika sudah sampai ke Mekkah, beliau tiap hari menemui Nabi Muhammad Saw. Beliau ditanyakan oleh nabi, mengapa belun masuk islam sedangkan beliau selalu duduk bersama nabi. “Biasanya para nabi dibuktikan dengan berbagai mukjizak. Mukjizat anda apa?”, tanya Abu Bakar ra.
“Tidak cukupkah mimpi yang kau alami waktu di Syam? Tidak cukupkah tafsir mimpi dari pendeta yang kau datangi dan keislamannya?”, tanya nabi. Tanpa menjawab, Sayydina Abu Bakar langsung membaca dua kalimat syahadat. Karena apa yang ditanyakan nabi padanya belum diceritakan kepada orang lain, tapi ternyata nabi sudah mengetahuinya.

Sumber : bincangsyariah , penulis , ( Yogyakarta, 13 Desember 2019 pukul 22:22)

Tulisan lain >>  Masuk Islamnya Umar ibn Khattab >> Kisah Rasulullah dilempari batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUNCI HIDUP SENANG DAN TENANG

Pernahkah kita membaca berita bahwa artis artis di luar negeri seperti korea dan amerika melakukan bunuh diri? Mungkin karena depresi a...